Apa Itu Proxy Dan Apa Fungsi Proxy ?

Apa Itu Proxy Dan Apa Kegunaaan Proxy ?
BILKONET - Apa Itu Proxy Dan Apa Fungsi Proxy ?  Pada artikel sebelumnya BILKONET sudah menjelaskan mengenai DNS.Kali ini BILKONET akan memberikan artikel tentang proxy. Mungkin diantara kita sudah banyak yang pernah mendengar kata proxy, dan mungkin banyak pula yang sudah tahu  apa itu proxy dan apa fungsi dari proxy ini . Untuk anda yang belum tahu tentang apa itu proxy dan apa kegunaan proxy, simak artikel berikut ini :


Apa Itu Proxy ?

Pengertian proxy itu sendiri adalah sebuah server yang menyajikan layanan untuk mengfollow-up setiap permintaan yang dilakukan oleh seorang pengguna kepada server lain di internet. Dengan pemakaian proxy, identitas IP Address anda menjadi tersembunyi dikarenakan IP Address yang dilihat oleh server yang anda minta adalah IP dari server proxy yang anda pakai tersebut. Proxy biasanya digunakan oleh seseorang untuk alasan penyembunyian identitas IP Address yang mereka gunakan atau untuk membuka akses ke situs-situs yang diblokir. Buat yang belum tahu Apa itu IP Address, anda bisa baca artikel BILKONET tentang IP Address.

Flow Proxy

Contoh kasus : 
Seseorang Mahasiswa mengakses internet lewat Access Point yang ada di kampus nya, IP Address yang didapat perangkat yang mahasiswa itu gunakan adalah IP Address yang diberikan oleh provider penyedia internet di kampus nya. Ada beberapa situs yang tidak dapat diakses oleh IP Address tersebut, baik itu karena kebijkan kampus maupun kebijakan dari negara,katakanlah situs yang tidak dapat diakses itu adalah facebook.com, dan untuk mengakali nya mahasiswa tersebut menggunakan Proxy Server sehingga IP Address yang dia gunakan berubah menjadi IP Address yang diberikan oleh Proxy Server dan hasilnya terbukalah situs yang tadinya tidak dapat diakses itu.


Apa Fungsi Proxy ?

Pada bagian apa itu proxy sudah sedikit disinggung tentang apa fungsi proxy . Mungkin sekarang anda sudah sedikit paham tentang apa yang disebut dengan proxy. Dapat kita katakan proxy adalah 'pihak ketiga' yang menghubungkan antara pengguna internet dengan web yang ingin diakses pengguna tersebut. Selain dari kegunaan proxy yang tadi sudah disebutkan sebelumnya, proxy memiliki tiga fungsi utama, yakni fungsi connection sharing, fungsi filtering, dan fungsi caching.

Berikut penjelasan dari ketiga fungsi utama proxy tersebut :

1. Fungsi Connection Sharing
Apabila seseorang menggunakan proxy, Proxy akan bertindak sebagai gateway yang menjadi batas antara local network dengan public network. Gateway juga bertindak sebagai sebuah titik temu sejumlah koneksi dari pengguna lokal menuju koneksi public network yang juga terhubung kepadanya. Maka dari itu, hubungan dari local network ke jaringan internet akan menggunakan sambungan milik dari proxy ini secara bersama-sama, hal ini lah yang disebut Connection sharing. 

2. Fungsi Filtering
Proxy juga dapat difungsikan untuk bekerja pada lapisan/layer aplikasi, oleh sebab itu proxy bisa berfungsi sebagai firewall untuk menjaga jaringan lokal atas ancaman dari jaringan luar. Fungsi filtering dapat pula diatur untuk menutup akses jaringan lokal terhadap situs web tertentu.

3. Fungsi Caching
Sebuah proxy server memiliki mekanisme penyimpanan obyek berupa data yang telah diminta dari server-server lain yang ada di internet. Dengan mekanisme caching ini maka apabila suatu saat terjadi permintaan untuk mengakses suatu website yang sudah pernah diakses sebelumnya oleh user,proxy server bisa melaksanakan permintaan user dengan lebih cepat.


Ditinjau dari ketiga fungsi utama proxy tersebut,berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan apabila anda menggunakan proxy server dalam aktivitas ber-internet anda :
  • Anda dapat menyembunyikan identitas IP Address anda.
  • Dapat digunakan untuk membuka website yang diblokir,baik itu diblokir oleh ISP (Internet service provider) maupun diblokir oleh suatu organisasi. 
  • Selain untuk membuka website yang sudah diblokir, proxy juga dapat digunakan untuk memblokir website yang nantinya website yang anda blokir tersebut tidak dapat diakses, kecuali bila menggunakan proxy juga.
  • Dapat menyaring atau memfilter cookies yang tidak anda inginkan.
  • Dapat meningkatkan keamanan dan privacy dari para pengguna nya.



Cukup sekian ulasan BILKONET mengenai Apa Itu Proxy Dan Apa Fungsi Proxy. Semoga bisa memberikan manfaat untuk saya sendiri khususnya, dan umumnya untuk para pembaca artikel ini. Apabila ada yang kurang dan ingin ditanyakan silahkan ajukan pertanyaan di kolom komentar, atau apabila ada kritik maupun saran dari anda, mohon disampaikan di kolom komentar .
Terima Kasih - BILKONET
Previous
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :