IP Address - Mengenal Dan Memahami Apa Itu IP Address

IP Address - Mengenal Dan Memahami Apa Itu IP Address
BILKONET - Mengenal Dan Memahami Apa Itu IP Address. Pada artikel sebelumnya, BILKONET sudah mengulas mengenai Pengertian, Fungsi Dan Jenis-Jenis Sistem Operasi Pada Komputer. Kali ini, BILKONET akan mencoba memberikan penjabaran mengenai IP Address. Tanpa banyak basa-basi, langsung saja simak artikel berikut ini :


PENGERTIAN IP ADDRESS
     Sebelum membahas lebih jauh tentang IP Address, ada baik nya kita ketahui dulu apa pengertian dari IP Address itu sendiri. IP Address adalah sederetan angka biner yang menjadi 'alamat' identifikasi dari suatu devices seperti komputer, printer, router, modem,dsb pada suatu jaringan komputer. Namun pada implementasi nya, IP Address tidak ditulis dengan bilangan binner melainkan ditulis dengan bilangan desimal, hal ini mungkin ditujukan supaya lebih mudah dalam penulisan nya. Sebuah IP Address terdiri dari Network ID dan Host ID yang berbeda-beda tergantung dari kelas IP Address tersebut.
    Oleh karena IP Address itu adalah alamat suatu devices pada jaringan, maka dalam penggunaannya, setiap devices pada suatu jaringan komputer harus memiliki IP Address yang bersifat unik atau berbeda dengan perangkat lain pada jaringan tersebut, sehingga devices-devices tersebut bisa terhubung satu dengan yang lainnya. 


 FUNGSI IP ADDRESS
     Fungsi utama IP Address dalam sebuah jaringan komputer yaitu sebagai identitas dari suatu perangkat yang terhubung ke suatu jaringan komputer. Kalau kita analogikan fungsi ini di kehidupan nyata, IP Address ini adalah sebuah 'nomor rumah' pada suatu wilayah tertentu. Apa fungsi dari nomor rumah ? tentu saja sebagai pembeda antara satu rumah dengan rumah yang lain. Apa yang mungkin terjadi apabila suatu rumah memiliki nomor rumah yang sama dengan rumah lain, yang masih berada di wilayah yang sama, atau bahkan rumah tersebut tidak memiliki nomor rumah ? Bisa terjadi 'kebingungan' pada orang yang akan berkunjung ke rumah tersebut bukan ? akibatnya mungkin saja orang itu 'nyasar' . Begitupun dalam konsep jaringan komputer, setiap devices yang ada di jaringan komputer tersebut harus memiliki identitas yang disebut dengan IP Address, identitas ini tentu saja harus bersifat unik atau berbeda dengan devices lainnya, supaya pengiriman data pada suatu jaringan komputer bisa berjalan dengan baik dan tidak 'nyasar'.


FORMAT PENULISAN IP ADDRESS
      IP Address terdiri dari 32 bit bilangan biner yang dibagi ke dalam 4 oktet, sehingga satu oktet nya terdiri dari 8 bit bilingan biner, masing-masing oktet dipisahkan dengan tanda titik (.) . Meski demikian, penulisan IP Address pada suatu devices di jaringan komputer tidak menggunakan  bilangan binner melainkan menggunakan bilangan decimal, sehingga lebih mudah dalam penulisan nya. Untuk lebih memahami tentang format penulisan IP Address, silahkan perhatikan contoh IP Versi 4 berikut :

Penulisan dalam decimal :  
192.168.0.1
Penulisan dalam format biner yang sesungguhnya
11000000.10101000.00000000.00000001

Terlihat dari contoh di atas, penulisan dalam decimal lebih mudah dan lebih simple dibanding apabila kita harus menuliskan format IP dalam bentuk biner.


PEMBAGIAN KELAS IP ADDRESS
Sebelum membahas kelas-kelas IP Address, ada dua istilah yang akan sering disebut dan perlu untuk anda ketahui yakni Network ID dan Host ID. Network ID adalah alamat dari jaringan komputer itu sendiri sedangkan Host ID adalah alamat dari suatu devices, misal komputer, pada suatu jaringan komputer.

IP Address dibagi kedalam 5 kelas, yakni kelas A, B, C, D dan E. Berikut penjelasannya :

1. IP Address Kelas A  
   IP Address kelas A merupakan kelas IP Address yang ditujukan untuk jaringan komputer yang punya jumlah host yang sangat banyak. Range atau rentang oktet pertama untuk IP Address kelas A adalah antara 1-126. IP Address kelas A memiliki 8 bit biner untuk Network ID nya , dan 24 bit biner sisanya merupakan Host ID nya.
      Untuk lebih jelas nya, perhatikan karakteristik dari IP Address Kelas A berikut :
  • Oktet pertama di isi angka antara 1-126
  • Jumlah Network ID sebanyak 126
  • Jumlah Host ID sebanyak 16 juta-an pada masing-masing Network ID
  • 1 bit biner pertama PASTI bernilai 0
  • Subnet Mask default dari IP Address Kelas A adalah 255.0.0.0
Tabel IP Address Kelas A
Tabel Karakteristik IP Address Kelas A
Contoh IP Address Kelas A : 10.100.85.2
Network ID dari IP tersebut adalah 10 dan Host ID nya adalah 100.85.2

2. IP Address Kelas B
    IP Address kelas B merupakan kelas IP Address yang ditujukan untuk jaringan komputer skala sedang sampai besar. Range atau rentang oktet pertama untuk IP Address kelas B adalah antara 128-191. IP Address kelas C memiliki 16 bit biner untuk Network ID nya , dan 16 bit biner sisanya merupakan Host ID nya.
      Untuk lebih jelas nya, perhatikan karakteristik dari IP Address Kelas B berikut :
  • Oktet pertama di isi angka antara 128-191
  • Jumlah Network ID sebanyak 16.384
  • Jumlah Host ID lebih dari 65 ribu pada masing-masing Network ID
  • 2 bit biner pertama PASTI bernilai 10
  • Subnet Mask default dari IP Address Kelas B adalah 255.255.0.0
Tabel IP Address Kelas B
Tabel Karakteristik IP Address Kelas B
Contoh IP Address Kelas B : 167.64.77.2
Network ID dari IP tersebut adalah 167.77 dan Host ID nya adalah 77.2

3. IP Address Kelas C
    IP Address kelas C merupakan kelas IP Address yang ditujukan untuk jaringan komputer dengan jumlah host yang sedikit. Range atau rentang oktet pertama untuk IP Address kelas C adalah antara 192-223. IP Address kelas C memiliki 24 bit biner untuk Network ID nya , dan 8 bit biner sisanya merupakan Host ID nya.
      Untuk lebih jelas nya, perhatikan karakteristik dari IP Address Kelas C berikut :
  • Oktet pertama di isi angka antara 192-223
  • Jumlah Network ID sebanyak 2.097.152
  • Jumlah Host ID sebanyak 254
  • 3 bit biner pertama PASTI bernilai 110
  • Subnet Mask default dari IP Address Kelas C adalah 255.255.255.0
Tabel IP Address Kelas C
Tabel Karakteristik IP Address Kelas C
Contoh IP Address Kelas C : 220.168.100.1
Network ID dari IP tersebut adalah 220.168.100 dan Host ID nya adalah 1

4. IP Address Kelas D 
    IP Address Kelas D merupakan kelas IP Address yang digunakan untuk keperluan multicast dari suatu jaringan komputer, multicast itu sendiri artinya pemakaian suatu aplikasi secara bersama-sama oleh beberapa komputer. Dalam IP Address Kelas D tidak ada yang namanya Network ID dan Host ID. Range atau rentang oktet pertama untuk IP Address kelas D adalah antara 224-247. 4 bit biner pertama PASTI bernilai 1110 . 
Contoh IP Address Kelas D : 224.224.224.224
Tidak ada yang disebut Network ID maupun Host ID

5. IP Address Kelas E
    IP Address Kelas E adalah kelas IP Address yang ditujukan untuk keperluan eksperimental, dengan kata lain IP Address Kelas E ini tidak bisa dipakai untuk keperluan umum. Range atau rentang oktet pertama untuk IP Address kelas E adalah antara 248-254. 4 bit biner pertama PASTI bernilai 1111 .


Cukup sekian ulasan BILKONET mengenai Pengertian, Fungsi, Format Penulisan Dan Kelas-Kelas IP Address. Semoga bisa memberikan manfaat untuk saya sendiri khususnya, dan umumnya untuk para pembaca artikel ini . Apabila ada kekurangan atau kesalahan dalam materi yang ada pada artikel kali ini, atau apabila ada kritik maupun saran dari anda, mohon disampaikan di kolom komentar .
Terima Kasih - BILKONET
Previous
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :