Perbedaan HTTP Dan HTTPS

Perbedaan HTTP Dan HTTPS

BILKONET - Perbedaan HTTP Dan HTTPS. Bagi anda yang sudah biasa menggunakan internet, mungkin sudah tidak asing dengan istilah HTTP dan HTTPS. Katakanlah anda sudah sering mendengar keduanya, tapi tahukah anda apa sih HTTP dan HTTPS itu? Apa perbedaan di antara kedua nya?  Apa cuma beda huruf 'S' di belakangnya saja? Ya, mungkin perbedaan huruf bisa jadi salah satunya. Tapi selain itu, masih ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Kali ini BILKONET akan coba membahas Perbedaan HTTP dan HTTPS.

HTTP Dan HTTPS Itu Apa Sih ?

HTTP merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol yaitu sebuah protokol yang ada di Internet yang berfungsi sebagai 'pengatur' komunikasi yang terjadi antara client dengan server. Yang dimaksud client di sini adalah semua perangkat atau devices yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan isi dari sebuah web, seperti web browser,dsb. 

Yang di atur apa? Komunikasi. Komunikasi apa yang dimaksud? Komunikasi yang umumnya terjadi antara client dan server di internet adalah seperti ini : client send request ke server -- server merespon permintaan client -- server mengirim permintaan client, bisa berupa file HTML atau data lain (tergantung apa yang diminta client -- client menampilkan konten yang dikirim oleh server ke devices pengguna . Nah semua proses rangkaian komunikasi yang terjadi antara client dan server tersebut di atur oleh sebuah protokol yang bernama HTTP. 

Terus, kalau HTTPS itu apa ?

HTTPS merupakan singkatan dari HyperText Transfer Protocol Secure. Fungsinya sama seperti HTTP, yakni untuk mengatur komunikasi antara client dan server. HTTPS ini versi secure atau versi aman dari HTTP. Dengan kata lain, HTTPS merupakan versi baru HTTP, yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp.

Perbedaan HTTP Dan HTTPS 

Perbedaan antara HTTP dan HTTPS, dapat kita bagi kedalam tiga aspek, yaitu keamanan data yang dikirimkan, port yang digunakan serta kebutuhan SSL. Akan BILKONET jabarkan ketiga aspek tersebut.

1. Keamanan Data Yang Dikirimkan

HTTP tidak menjamin keamanan data yang dikirim antara client dan server. Sementara HTTPS menjamin data yang ditransmisikan antara client dan sever, aman. Ada tiga aspek yang dipegang oleh HTTPS untuk memastikan keamanan data, yakni :
  • Autentikasi Server,  dengan adanya autentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.
  • Kerahasiaan Data, data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan sudah dienkripsi.
  • Integritas Data data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).

2. Port Yang Digunakan

HTTP defaultnya menggunakan port 80 untuk komunikasi yang terjadi antara client dan server. Sementara HTTPS menggunakan port 443.

3. Kebutuhan SSL

Defaultnya, protokol yang digunakan pada komunikasi antara client dengan server adalah HTTP. Untuk dapat menggunakan HTTPS, kita harus mempunyai sertifikat SSL (Secure Socket Layers). Jadi, HTTP tidak harus punya SSL sedangkan HTTPS harus punya SSL.

Nah itulah dia perbedaan HTTP dan HTTPS. Semoga bisa dipahami dan semoga bisa menambah pengetahuan kita semua tentang internet. Terima Kasih - BILKONET
Previous
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :