7 Tips Menghemat Penggunaan Daya Baterai Laptop


BILKONET - 7 Tips Menghemat Penggunaan Daya Baterai Laptop. Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang penggunaannya menggunakan baterai sebagai catu dayanya. Itu merupakan salah satu keunggulan laptop dibanding komputer. Dengan menggunakan baterai, berarti kita bisa menggunakan laptop tanpa harus bergantung pada aliran listrik.

Namun, tentu saja baterai laptop itu ada daya tahannya, yang cepat atau lamanya tergantung dari pemakaian laptop itu sendiri. Dan apabila daya baterainya sudah habis, tentu baterai laptop tersebut harus di-charge ke aliran listrik. Kali ini saya akan coba memberikan 7 tips untuk menghemat penggunaan daya baterai laptop agar anda bisa menggunakan laptop anda lebih lama sebelum baterai laptopnya harus di-charge kembali.

7 Tips Menghemat Penggunaan Daya Baterai Laptop


1. Hidupkkan Mode "Battery Saver Mode" Laptop Anda

Biasanya setiap laptop memiliki fitur "Battery Saver Mode". Mengaktifkan mode tersebut akan memperpanjang masa pakai laptop anda sebelum baterai habis dan harus di-charge kembali. Mode "Battery Saver Mode" akan mengurangi penggunaan daya dari perangkat seperti processor, memory, hard disk,dsb, dengan sedikit mengurangi performa dari perangkat-perangkat tersebut.

Untuk cara mengaktifkannya, umumnya letak "Battery Saver Mode" ini terletak di bagian pengaturan baterai, tinggal klik saja pada logo baterai laptop anda (pojok kanan bawah), kemudian pilih "Battery Saver Mode".


2. Kurangi Brightness (Tingkat Kecerahan) Layar Anda 

Seperti hal nya smartphone anda, semakin cerah tampilan layar, maka akan semakin cepat pula baterai habis. Kurangi tingkat kecerahan anda serendah mungkin untuk menghemat penggunaan daya baterai laptop anda. Selain untuk menghemat penggunaan daya baterai, tingkat kecerahan yang rendah juga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada mata kita.

Untuk mengatur tingkat kecerahan, biasanya laptop-laptop sekarang sudah dilengkapi dengan shortcut di keyboardnya untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Terletak di antara tombol F1-F12 (masing-masing laptop berbeda tombol apa yang harus ditekan untuk mengatur brightness). 

Kalau di keyboard laptop anda tidak ada shortcut untuk mengatur tingkat kecerahan, anda bisa mengaturnya dengan cara klik kanan pada ruang kosong di dekstop, kemudian pilih 'Display Settings'. 


3.  Matikan Perangkat Yang Tidak Digunakan

Jika anda memang tidak menggunakannya, matikan Wifi dan Bluetooth (jika ada) laptop anda. Karena keduanya juga lumayan bikin baterai boros apabila dihidupkan. Dan untuk tambahannya, semisal laptop anda punya dua graphic card (VGA card), biasanya laptop-laptop gaming punya dua graphic card, disable saja salah satunya apabila anda sedang tidak menggunakannya. Untuk mematikan salah satu graphic card, masuk ke Device Manager laptop anda.


4.  Kurangi Resolusi Layar

Laptop-laptop jaman now resolusi nya tinggi, hal itu juga lumayan berpengaruh pada penggunaan daya baterai laptop anda. Kurangi resolusi layar anda tentu bisa menghemat penggunaan daya baterai sehingga anda bisa menggunakan laptop anda lebih lama.


5. Matikan Lampu Latar Keyboard Anda

Kalau laptop anda dilengkapi dengan keyboard yang nyala-nyala alias ada lampunya, matikan saja, toh tidak penting juga. Dengan mematikan lampu latar keyboard anda, daya tahan baterai anda pun akan meningkat sebelum akhirnya harus dicharge kembali.


6. Tutup Aplikasi Dan Proses-Proses Yang Tidak Dibutuhkan

Masuk ke task manager, tutup proses yang berjalan dari aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan. Selain bisa hemat baterai, menutup proses-proses tersebut juga akan meningkatkan performa prosesor tentunya. Tapi jangan close proses yang keterangannya 'System' atau 'Windows' yaa, yang ditutup yang keterangan 'Application' aja.


7. Sebisa Mungkin Hindari Kondisi 'Overheat'

Sering naro laptop di atas kasur, bantal atau guling? atau main laptop di bawah terik matahari? kalau bisa jangan ya, karena hal-hal tersebut akan menyebabkan laptop menjadi 'Overheat' alias kepanasan. Selain memperpendek daya tahan baterai, kalau laptop keseringan overheat, akan merusak komponen-komponen penting di dalam laptop. Pokoknya hindari aja deh kondisi overheat ini. Kalau bisa beli kipas yang khusus buat laptop buat jadi tatakan laptop anda supaya laptop adem terus, tambahin kipas angin kalau perlu supaya yang maininnya juga adem. hehe.


Oke, itu dia 7 tips dari saya untuk menghemat penggunaan daya baterai laptop. Saya harap bisa bermanfaat untuk anda ya, kalau ada yang kurang jelas, tanyain aja di kolom komentar. Terima kasih - BILKONET.
Previous
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :