Menghitung Nilai Rata-Rata (Average) Menggunakan Microsoft Excel

Menghitung Nilai Rata-Rata (Average) Menggunakan Microsoft Excel

BILKONET - Menghitung Nilai Rata-Rata Menggunakan Microsoft Excel. Salah satu aplikasi yang cukup familiar untuk mengolah data adalah aplikasi dari Microsoft ini, Microsoft Excel. Aplikasi ini banyak digunakan baik di kalangan anak sekolah sampai untuk kebutuhan kantor.

Banyak manfaat yang kita bisa manfaatkan dari aplikasi ini, salah satu nya adalah untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data. Dengan cara konvensional alias cara biasa tanpa menggunakan aplikasi microsoft excel ini, untuk dapat menghitung nilai rata-rata kita harus menjumlahkan semua nilai yang ada di data tersebut lalu kemudian dibagi jumlah data nya.

Dengan cara konvensional (tanpa menggunakan microsoft excel), untuk menghitung nilai rata-rata adalah seperti contoh kasus di bawah ini :

Budi telah mengikuti 4 ujian di sekolahnya yakni ujian Bahasa Indonesia, ujian Bahasa Inggris, ujian Matematika dan ujian Fisika. Di ujian Bahasa Indonesia Budi mendapat nilai 70, di ujian Bahasa Inggris Budi mendapat nilai 80, di ujian Matematika Budi mendapat nilai 75 dan di ujian Fisika Budi mendapat nilai 85. Berapakah nilai rata-rata Budi ?

Dengan cara konvensional cara mencari nilai rata-rata Budi adalah begini :
Nilai rata-rata = (nilai ujian bahasa indonesia + nilai rata-rata bahasa inggris + nilai rata-rata matematika + nilai rata-rata fisika) : 4 

Nilai rata-rata = (70+80+75+85) : 4
Nilai rata-rata = 310 : 4 
Nilai rata-rata = 77,5

Angka 4 di atas didapat dari jumlah ujian atau jumlah nilai yang di dapat oleh si Budi. Dengan cara konvensional seperti di atas, sebetulnya mudah-mudah saja dan tidak ada kesulitan yang berarti. Namun tentunya dengan cara seperti ini pastinya anda akan mengalami kerepotan apabila ada banyak data yang ingin dicari nilai rata-ratanya. Kalau masih satu atau dua sih masih oke-oke aja pakai cara seperti ini.

Nah dengan menggunakan microsoft excel ini kita bisa dengan mudah menghitung nilai rata-rata dari banyak data sekaligus. Begini caranya :

Menghitung Nilai Rata-Rata Menggunakan Microsoft Excel

Caranya pun begitu mudah, anda cukup menggunakan formula alias rumus berikut :

=average(data awal:data akhir)

Rumus atau formula di atas digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu data. Kebanyakan rumus pada microsoft excel menggunakan bahasa inggris. Karna yang ingin kita cari adalah nilai rata-rata, maka gunakan rumus "Average" tersebut yang merupakan bahasa inggris dari kata "rata-rata".
Kalau anda bingung bagaimana cara menggunakan rumus di atas,coba perhatikan contoh yang saya buat di bawah ini :

Menghitung Nilai Rata-Rata (Average) Menggunakan Microsoft Excel

Pada kolom "Nilai Akhir" saya menggunakan rumus average untuk menentukan nilai akhir dari masing-masing siswa. Nilai akhir didapat dari nilai rata-rata semua ulangan yang diikuti oleh siswa. Perhatikan rumus yang saya tandai dengan garis merah :
=AVERAGE(C3:F3)
C3 merupakan data awal dan F3 merupakan data akhir. Ini artinya rumus akan menghitung semua nilai dari kolom C3 sampai kolom F3. 

Dan pada gambar di atas juga ada "Nilai Rata-Rata Siswa" , kolom ini untuk menunjukkan nilai rata-rata semua siswa pada ulangan tertentu. Cara penggunaan rumusnya pun sama tinggal bedakan data awal dan data akhir nya saja.

Oh iya biar lebih simple , anda tidak harus memasukkan satu per satu rumus nya pada setiap siswa yang ingin dicari nilai rata-ratanya tersebut, letakkan kursor pada kolom yang sudah dicari nilai rata-ratanya lalu tarik kotak kecil yang ada di pojok kanan bawah kolom tersebut. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini :

Menghitung Nilai Rata-Rata (Average) Menggunakan Microsoft Excel

Oke saya rasa cukup jelas ya penjelasan BILKONET kali ini tentang cara menghitung nilai rata-rata menggunakan microsoft excel. Kalau ada yang masih kurang jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :