Pembahasan Detail Mengenai Jaringan LAN, MAN, WAN

Pembahasan Detail Mengenai Jaringan LAN, MAN,WAN
BILKONET - Pembahasan Detail Mengenai Jaringan LAN, MAN, WAN. Artikel BILKONET kali ini masih berhubungan dengan jaringan komputer, namun kali ini akan secara khusus membahas jaringan komputer berdasarkan jangkauan geografis nya yakni LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan WAN (Wide Area Network) . Berikut adalah artikel lengkap tentang jaringan LAN, MAN dan WAN :



LAN (LOCAL AREA NETWORK)

LAN

Local Area Network atau yang biasa disebut LAN adalah salah satu jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah lokal atau wilayah yang kecil saja. Komputer-komputer yang saling terhubung di sekolah, warnet, kantor adalah salah satu contoh penggunaan jaringan LAN. Saat ini, teknologi IEEE 802.3 Ethernet adalah teknologi yang paling banyak digunakan pada jaringan LAN. Sebuah jaringan LAN mempunyai kecepatan transfer data  mulai dari 10, 100 sampai 1000 Mbps. Selain menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet, saat ini juga sudah banyak jaringan LAN yang menggunakan teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) untuk membentuk jaringan LAN.

Baca Juga : Macam-Macam Topologi Jaringan Komputer 

Keuntungan dari penggunaan jaringan LAN adalah pengeluaran kabel dan biaya operasional lebih irit, transfer data antar perangkat lebih cepat karena hanya meliputi wilayah yang sempit atau lokal, serta tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk membangun sebuah jaringan LAN. Adapun kerugian dari penggunaan jaringan LAN adalah interaksi atau komunikasi ke jaringan luar menjadi lebih sulit  serta cakupan wilayah transfer data yang tidak terlalu luas.

Alat-alat atau perangkat yang umumnya digunakan pada jaringan LAN adalah komputer, switch/hub, router, printer, modem dan kabel UTP (biasa disebut kabel LAN) yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau perangkat lainnya ke swtich/router.



MAN (Metropolitan Area Network) 

MAN
“Sebuah Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer besar yang mencakup area metropolitan. Cakupan geografis yang jatuh antara WAN dan LAN. MAN menyediakan konektivitas Internet untuk LAN di wilayah metropolitan, dan menghubungkan mereka ke jaringan area yang lebih luas seperti Internet”
MAN (Metropolitan Area Network) adalah suatu jaringan komputer di dalam suatu kota dengan kecepatan transfer data yang tinggi, yang menghubungkan jaringan LAN di beberapa lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya.  Jangkauan dari jaringan MAN ini bekisar antara 10km hingga 50km, biasanya jaringan MAN terdapat di dalam satu area atau wilayah yang agak luas jaraknya (namun umumnya masih satu kota). Seperti hal nya jaringan LAN,  jaringan MAN pun memiliki wireless MAN.

Contoh penggunaan jaringan MAN bisa kita lihat pada jaringan perbankan. Tentu saja setiap bank mempunyai kantor pusat dan kantor cabang. Pada setiap kantornya,  baik itu kantor pusat maupun kantor cabang pasti memiliki jaringan LAN di dalamnya, penggabungan LAN – LAN pada setiap kantor inilah  yang akan membentuk sebuah jaringan MAN. MAN biasanya dapat menunjang data baik berupa teks maupun suara, bahkan MAN juga bisa berhubungan dengan gelombang radio atau jaringan televisi kabel.

Tujuan dibangunnya jaringan MAN adalah memenuhi kebutuhan internal sebuah perusahaan maupun pemerintahan dalam komunikasi jaringan komputer yang dipergunakan di tempat yang berbeda sehingga jaringan-jaringan komputer perusahaan atau pemeerintahan tersebut dapat melakukan kegiatan seperti chat, file transfer, video call dan lain – lain dengan penggunaan bandwidth lokal.

Media transmisi yang digunakan pada jaringan MAN adalah kabel fiber optic untuk jaringan berkabel nya, sedangkan untuk jaringan nirkabel nya, media transmisi yang digunakan adalah gelombang radio (microwave) dan satelit

Baca Juga : Perbedaan Internet Dan Intranet



WAN (Wide Area Network) 

Dalam bagian WAN ini, BILKONET tidak akan panjang lebar menjelaskan apa itu WAN, semua penjelasan tentang WAN hampir sama dengan penjelasan pada bagian MAN, bedanya hanya di jangkauan jaringan nya saja. Apabila pada jaringan MAN jangkauannya hanya berkisar 10-50km saja, jaringan WAN mempunyai cakupan yang jauh lebih luas dari itu, bahkan bisa mencakup antar negara dan benua sekalipun. Saya rasa hanya itu saja perbedaan nya, selebihnya anda bisa baca kembali pada bagian MAN diatas.



Saya rasa cukup sekian artikel tentang jaringan LAN, MAN dan WAN . Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca BILKONET sekalian . Apabila ada yang kurang jelas dan ada yang ingin ditanyakan, atau barangkali ada kritik dan saran, silahkan komentar di kolom komentar yang sudah disediakan.
Terimakasih - BILKONET
Previous
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :