Pengertian Dan Macam-Macam Jaringan Komputer Terlengkap

BILKONET - Pengertian Dan Macam-Macam Jaringan Komputer Terlengkap. Di artikel sebelumnya, BILKONET memberikan artikel tentang bagaimana cara convert file pdf menjadi file word. Kali ini BILKONET akan memberikan artikel mengenai teori Jaringan Komputer dengan pokok bahasan Pengertian Dan Macam-Macam Jaringan Komputer. Mari simak artikel BILKONET berikut ini untuk menambah wawasan anda mengenai Jaringan Komputer.


PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

 A. Pengertian Jaringan Komputer Secara Umum
Apa itu jaringan komputer ? Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi aplikasi, data ataupun berbagi hardware komputer.Istilah jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung.Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima) dengan tepat, cepat dan akurat.Dengan adanya jaringan komputer, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah.Selain itu, peran dari jaringan komputer ini sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga dapat memperoleh suatu data yang relevan.

B. Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli
Beberapa ahli mengutarakan pendapat mereka tentang pengertian jaringan komputer, berikut beberapa pengertian jaringan komputer menurut para ahli  :

1. Pengertian Jaringan Komputer Menurut Jafar Noor Yudianto 
Menurut Jafar Noor Yudianto, "Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berkomunikasi (surel, pesan instan), berbagi sumber daya (printer, CPU), dan dapat mengakses informasi (peramban web). Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer."

2. Pengertian Jaringan Komputer Menurut Abdul Kadil 
Abdul Kadil menyatakan bahwa yang dimaksud dengan Jarigan Komputer adalah "suatu hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya yaitu untuk melakukan pertukaran data."

3. Pengertian Jaringan Komputer Menurut Izaas El Said 
Izaaz El Said juga berpendapat tentang pengertian jaringan komputer, menurut nya jaringan komputer adalah "sebuah sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling bisa berbagi informasi dan juga sumber daya yang dipunyai nya."

4. Pengertian Jaringan Komputer Menurut Budhi Irawan
Menurut Budi Irawan, jaringan komputer adalah "suatu sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama."

5. Pengertian Jaringan Komputer Menurut Zymon Machajewski
Zymon Machajewski mengatakan bahwa yang dimaksud dengan jaringan komputer adalah "suatu seperangkat komputer yang saling terkoneksi secara bersamaan satu sama lainnya dengan tujun utama, yakni untuk saling membagikan atau men-share resources alias sumberdaya. Salah satu sumberdaya yang saat ini banyak digunakan di dalam suatu jaringan komputer ialah sumber daya internet."

6. Pengertian Jaringan Komputer Menurut Teguh Wahyono
Teguh Wahyono berpendapat bahwa jaringan komputer adalah "sekumpulan komputer otonom yang saling terhubung satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi pada suatu jaringan komunikasi data."

7. Pengertian Jaringan Komputer Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jaringan komputer adalah "merupakan sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama."

Setelah kita mengetahui pengertian dari jaringan komputer secara umum dan dari beberapa ahli, selanjutnya kita masuk ke bagian macam-macam jaringan komputer.


MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER

Macam-macam jaringan komputer dibagi menjadi 5 kelempok, yang dikelompokkan berdasarkan jangkauan geografisnya, media transmisi data nya, distribusi sumber informasi/data nya, jenis topologi nya serta peranan setiap komputer dalam memproses data. berikut adalah ulasan macam-macam jaringan komputer :

A. Bedasarkan Jangkauan Geografisnya
Berdasarkan jangkauan geografisnya, jaringan komputer dibagi menjadi tiga macam, yaitu :

1. LAN (Local Area Network)
Local Area Network,disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja, biasanya digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah. Pada umumnya, luas area jaringan LAN tidak lebih dari 1 km persegi. Jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan kecepatan transfer data mulai dari 10, 100, sampai 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet (dengan kabel), tak sedikit juga yang menggunakan teknologi tanpa kabel untuk jaringan LAN,contoh nya Wi-fi .

2. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan kombinasi dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN berkisar antara 10 sampai 50 km. MAN ini adalah suatu jaringan yang pas untuk membuat jaringan antar kantor dalam satu kota atau bahkan antar kota sekalipun.

3. WAN (Wide Area Network) 
Wide Area Network atau yang biasanya disingkat WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang sangat luas, mencakup negara dan benua, media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN adalah kabel bawah laut dan satelit. WAN merupakan jenis jaringan komputer yang merupakan gabungan dari jaringan dua atau lebih jaringan LAN dan MAN. Oleh karena WAN memiliki cakupan area yang sangat luas, biasanya jaringan WAN akan melibatkan operator telekomunikasi pada suatu negara di dalamnya yang bertujuan supaya perangkat-perangkat yang ada dalam jaringan WAN dapat saling berkomunikasi satu sama lain.Kecepatan transfer data pada jaringan WAN beragam, dari 2Mb/s sampai dengan 625 Mb/s.

Baca Juga : Ulasan lebih detail tentang LAN, MAN, WAN

B. Bedasarkan Media Transmisi Datanya
Berdasarkan media transmisi datanya, jaringan komputer dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)
Wired Network adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya agar komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar data maupun terhubung dengan internet. Contoh kabel yang digunakan dalam jaringan komputer, terutama LAN, adalah kabel UTP, atau yang lebih familiar dengan sebutan 'kabel LAN' .

2. Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)
Berbeda dengan wired network, wireless network tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Pertukaran informasi/ data antar komputer menggunakan gelombang elektromagnetik. Wireless adapter adalah salah satu media transmisi yang digunakan dalam jenis jaringan ini.


C. Bedasarkan Distribusi Sumber Data/Informasinya
Berdasarkan distribusi sumber data/informasinya, jaringan komputer juga dibagi menjadi dua macam, yaitu :

1. Jaringan Terpusat
Jaringan komputer terpusat adalah jenis jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal. Komputer induk inilah yang menyimpan semua data-data maupun program aplikasi untuk kemudian didistribusikan ke komputer terminal. Sedangkan komputer terminal itu sendiri biasanya hanya berfungsi untuk menjadi perantara pengguna untuk mengakses komputer induk. Contoh penerapan jaringan jenis ini bisa anda lihat pada saat anda membayar di kasir supermarket ataupun pusat perbelanjaan. Komputer yang diguanakan oleh kasir tersebut berperan sebagai komputer terminal, komputer terminal inilah yang menjadi perantara kasir tersebut untuk mengambil data-data yang ada di komputer induk (server) mengenai harga produk, nama produk dan lain sebagainya

2. Jaringan Terdistribusi
Jaringan komputer terdistribusi merupakan jenis jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk. Berbeda dengan jaringan terpusat, pada jaringan terdistibusi, semua  host yang terhubung pada jaringan ini bisa berperan sebagai komputer induk sebagaimana peran komputer induk dalam jaringan terpusat. Artinya, distribusi data yang terjadi pada jaringan komputer jenis ini tidak hanya dari satu komputer induk (server)


D. Bedasarkan Jenis Topologinya
Berdasarkan jenis topologinya, jaringan komputer dibagi menjadi enam macam, yaitu :

1. Topologi Bus
2. Topologi Star
3. Topologi Mesh
4. Toplogi Tree
5. Topologi Ring
6. Topologi Linier

Baca Juga : Ulasan Detail Mengenai Macam-Macam Topologi Jaringan
 
E. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data
Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, jaringan komputer dibagi menjadi dua macam, yaitu :

1. Jaringan Client-Server
Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer yang bertidak sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Umumnya yang bertindak sebagai server hanya satu komputer dan komputer yang lain nya berperan sebagai client. Komputer server berperan sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkan komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server tersebut.

2. Jaringan Peer to Peer
Pada  jaringan ini jenis ini, masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server mempunyai peran dan kedudukan yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya, komputer client pun dapat menjadi komputer server.


Itulah ulasan BILKONET mengenai Pengertian Dan Macam-Macam Jaringan Komputer Terlengkap. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya untuk saya sendiri, syukur-syukur kalau bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Mohon dimaafkan apabila terdapat kesalahan dalam informasi yang diberikan ataupun susunan kata yang saya pakai. Untuk itu saya meminta kritik dan sarannya, agar kedepannya kesalahan-kesalahan bisa diminimalisir.
Terima Kasih - BILKONET
Previous
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :