Pengertian Dan Sejarah Komputer Generasi Satu Hingga Generasi Lima

Pengertian Dan Sejarah Komputer
BILKONET - Pengertian Dan Sejarah Komputer. Di era modern seperti saat ini, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer. Ya, dewasa ini komputer sudah menjadi 'bagian' dari kehidupan umat manusia. Dengan fungsi yang dimilikinya , komputer dapat membatu aktifitas manusia, baik dalam urusan bisnis maupun urusan hiburan. Namun tak banyak orang yang mengetahui tentang sejarah dari komputer itu sendiri.Lalu apa sih sebenernya definisi atau pengertian dari komputer ? Bagaimana sejarah komputer dari awal diciptakan sampai saat ini ? berikut ulasannya :

PENGERTIAN KOMPUTER
Kata komputer diambil dari bahasa Yunani yaitu Computare yang berarti hitung atau menghitung.Pada awalnya, kata "komputer" dipakai untuk menggambarkan orang yang melakukan pekerjaan perhitungan aritmetika, baik dengan ataupun tanpa alat bantu, tetapi kemudian kata "komputer" ini dipindahkan kepada mesin / alat hitung itu sendiri. Secara singkat,komputer dapat didefinisikan sebagai suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.Dalam arti yang lebih luas, Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang terdiri dari komponen-komponen yang saling bekerja sama satu sama lain untuk menghasilkan informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen-komponen yang dimaksud adalah CPU, monitor sebagai komponen-komponen utama. Serta mouse, keyboard, printer sebagai komponen-komponen pendukungnya. Itu adalah definisi komputer secara umum, beberapa ahli memberikan definisi yang berbeda dari definisi diatas, diantaranya :

1. Pengertian Komputer Menurut Elias M.Awad 
"Komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan analog."

2. Pengertian Komputer Menurut Robert H.Blissmer
Komputer adalah "suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima dan memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menyediakan ouput dalam bentuk informasi."

3. Pengertian Komputer Menurut Donald H.Sanders
Menurut Donald H.Sanders komputer adalah "sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat yang dengan otomatis menerima,menyimpan dan memproses data input, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu sistem operasi yang tersimpan di dalam penyimpanannya."

4. Pengertian Komputer Menurut William M.Fuori
William M.Fuori berpendapat bahwa pengertian dari komputer adalah "suatu alat proses data yang bisa melakukan perhitungan besar dengan cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa ada campur tangan manusia."

5. Pengertian Komputer Menurut Larry Long & Nancy Long
Menurut Larry & Nancy Long, komputer adalah "alat hitung elektronik yang mampu melaksanakan perintah program untuk input, ouput, perhitungan dan operasi-operasi logic."

6. Pengertian Komputer Menurut V.C. Hamacher
V.C Hamacher menyatakan pendapatnya tentang definisi dari komputer. Ia berpendapat bahwa komputer merupakan "mesin penghitung elektronik yang dengan cepat mampu menerima informasi input digital , memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dan menghasilkan ouput informasi."

7. Pengertian Komputer Menurut Jhon J.Longkutoy
Pendapat ahli terakhir yang akan BILKONET berikan adalah pendapat dari Jhon J.Longkutoy. Ia berpendapat bahwa komputer adalah "suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan/atau sebuah mesin pengolah data yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan untuk user/penggunanya"

Itulah beberapa pengertian komputer menurut para ahli. Dari ketujuh pendapat ahli diatas, BILKONET simpulkan bawa komputer itu merupakan alat untuk memproses data dan menghasilkan ouput berupa informasi yang berguna untuk para pemakainya. 

Setelah kita tahu tentang pengertian komputer, sekarang BILKONET akan mengulas mengenai sejarah komputer dari awal komputer itu diciptakan, perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Berikut ulasannya :

SEJARAH KOMPUTER
Perlu kita ketahui, bahwa cikal bakal dari komputer yang kita kenal saat ini merupakan suatu mesin hitung yang disebut komputer. Cikal bakal komputer ini ditemukan oleh seorang pakar matematik yang bernama Charles Babbage pada tahun 1822. Dari alat inilah yang selanjutnya dikembangkan oleh berbagai pihak sampai menjadi komputer canggih seperti yang kita kenal saat ini. Dalam perkembangannya sampai saat ini, komputer dibagi kedalam 5 generasi . Berikut ulasan tentang sejarah komputer dari generasi pertama hingga generasi kelima :

1. Generasi Pertama
sejarah komputer - generasi pertama
     Gambar di atas merupakan gambar dari komputer generasi pertama. Sangat jauh bukan dari komputer yang ada saat ini ? Ya, memang seperti itulah bentuk komputer pada generasi pertama. Satu sistem komputer pada generasi pertama membutuhkan space satu ruangan yang cukup besar. Selain membutuhkan space yang besar, komputer generasi pertama juga membutuhkan daya yang sangat besar untuk penggunaannya. Komputer elektronik generasi pertama yang pertama kali diciptakan adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) pada 15 Februari 1946. ENIAC dirancang oleh dua orang profesor Universitas Pennsylvania yakni John Presper Eckert dan John W.Mauchly dan tercipta atas kerja sama yang dilakukan pihak pemerintah Amerika Serikat  dengan Universitas Pennsylvania. ENIAC ini sendiri merupakan komputer yang sangat besar yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, 5 juta titik solder,memiliki berat 27 ton dan menghabiskan daya sebesar 160 kW. Luar biasa bukan ?
     Kemudian pada pertengahan tahun 1940-an, seorang pakar matematik bernama John Von Neumann bergabung dengan tim Universitas Pennsylvania untuk membangun konsep desain komputer yang masih bisa dipakai untuk 40 tahun kedepan. John Von Neumann berhasil mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan terobosan utamanya yakni sebuah memori yang digunakan untuk menampung baik program maupun data. Dengan adanya memori ini memungkinkan komputer untuk berhenti sesaat dan melanjutkan pekerjaannya kembali tanpa kehilangan data ataupun program tertentu.
     Selanjutnya pada tahun 1951, terciptalah komputer komersial pertama yang dibuat oleh Remington Rand dengan memanfaatkan model arsitektur hasil karya John Von Neumann. Komputer ini dikenal dengan nama Universal Automatic Computer I (UNIVAC I).

2. Generasi Kedua
     Ditemukannya transistor pada tahun 1948 membawa perubahan di berbagai alat elektronik seperti televisi, radio dan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum yang sebelumnya digunakan pada alat-alat elektronik tersebut. Dengan digantinya tabung vakum menjadi transistor membuat ukuran alat elektronik terutama komputer menjadi lebih kecil . Transistor mulai digunakan di komputer pada tahun 1956. Selain munculnya transistor, komputer generasi kedua ditandai dengan penemuan lain yang mengembangkan memori inti-magnetik , penemuan ini juga yang membuat komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat dan lebih bisa diandalkan dibanding komputer generasi pertama serta lebih hemat energi karena tidak membutuhkan daya sebesar komputer pada generasi pertama.
     Komputer awal pada generasi kedua ini adalah superkomputer dari IBM yang bernama Stretch dan superkomputer dari Sprey-Rand yang bernama LARC. Kedua merk komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom.Namun komputer-komputer tidak terlalu populer karena harganya yang terlalu mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis.
     Pada awal tahun 1960-an, IBM kembali mengeluarkan komputer dari generasi kedua yang diberikan nama IBM 1401. 1405 inilah yang mulai diterima secara luas dikalangan industri dan pada tahun 1965 hampir seluruh bisnis-bisnis besar sudah menggunakan komputer dari generasi kedua ini untuk memproses informasi keuangan. Pada generasi kedua ini sudah mulai muncul dua bahasa pemograman yaitu Common Business Oriented Language (COBOL) dan juga Formula Translator (FORTRAN).

3. Generasi Ketiga
Sejarah Komputer-Generasi Ketiga
      Komputer generasi ketiga ditandai dengan munculnya IC (Integrated Circuit) yang menggantikan peran transistor. Dasar diciptakannya IC adalah karena transistor menghasilkan panas yang sangat besar dan hal itu dapat merusak bagian-bagian internal komputer. IC dikembangkan oleh seorang insinyur di Texas Instrument yang bernama Jack Kilby. Pada awal ditemukan atau diciptakan, IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik kedalam satu piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. 
     Kemudian para ilmuwan berhasil mengembangkan sehingga IC dapat mengkombinasikan lebih banyak komponen-komponen elektronik di dalamnya. Hal ini lah yang membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil lagi karena komponen-komponen komputer dipadatkan kedalam IC. Di generasi ketiga ini pula mulai ditemukan Operating System (OS) yang membuat komputer bisa melalukan beberapa tugas berbeda dalam waktu bersamaan atau dikenal dengan sebutan multi-tasking. Contoh komputer yang muncul di generasi ketiga ini diantaranya adalah IBM/30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108, GE 600.

4. Generasi Keempat
 
      Setelah ditemukannya IC pada generasi komputer ketiga,  inovasi selanjutnya yang ditemukan di generasi keempat adalah Large Scale Integration (LSI) . LSI itu sendiri merupakan gabungan atau penyatuan beribu-ribu IC pada suatu kepingan yang biasa disebut juga dengan sebutan CHIP. Adapun conth-contoh komputer yang lahir pada generasi keempat yaitu IBM 370, Apple I, Aplle II, dan juga Vizicalc Altair. Komputer-komputer tersebut sudah menggunakan processor 8080 yang dikenalkan oleh perusahaan Intel pada tahun 1974. 
     Dengan pemadatan IC kedalam suatu CHIP, yang IC itu sendiri merupakan gabungan dari komponen-komponen elektronik, semakin memperkecil ukuran dari satu komputer yang ada di generasi keempat. Perkembangan komputer yang sedemikian rupa ini, membuat semakin banyak orang yang mulai menggunakan komputer. Tidak hanya untuk urusan bisnis, di generasi keempat ini komputer sudah mulai digunakan masyarakat umum untuk berbagai urusan seperti pendidikan dan lain sebagainya.Dan di generasi keempat ini pula mulai muncul lah produsen-produsen komputer yang menawarkan komputer ke masyarakat luas. Komputer-komputer yang kita pakai saat ini merupakan komputer generasi keempat dengan segala perkembangan-perkembangannya baik dalam segi fisik, fungsi serta efisiensi dibanding komputer-komputer pada awal generasi keempat.

5. Generasi Kelima
      Saat ini, generasi komputer kelima masih dalam tahap perancangan atau dengan kata lain generasi komputer kelima ini adalah proyeksi komputer di masa depan. Jepang adalah negara yang terkenal paling 'ngotot' untuk menciptakan komputer generasi kelima ini. Ada satu lembaga khusu bernama ICOT (Institute For New Computer Technology) yang dibentuk untuk mewujudkan komputer generasi kelima ini. Untuk generasi kelima ini, komputer kedepannya diharapkan mampu untuk melakukan interaksi dengan manusia, interaksi yang dimaksud di sini adalah berkomunikasi dengan manusia dan mampu menerima masukan visual dari manusia. Mungkin gambaran dari komputer generasi kelima dapat kita lihat di film Ironman atau film-film fiksi lainnya yang menggambarkan komputer-komputer yang super canggih.



Itulah tadi ulasan mengenai pengertian komputer dan juga sejarah komputer dari generasi pertama ke generasi kelima yang BILKONET telah rangkum dari berbagai sumber. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat,khususnya untuk diri penulis pribadi dan semoga bisa bermanfaat juga untuk para pembaca sekalian. Mohon dimaafkan apabila ada kesalahan baik dalam informasi yang diberikan ataupun dalam penulisan yang masih jauh dari sempurna.Komentar dari anda sangat kami harapkan untuk kemajuan blog ini .. Terimakasih - BILKONET
First
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :