Mengetahui Lebih Jauh Tentang Hardware Komputer

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Hardware Komputer
BILKONET - Mengetahui Lebih Jauh Tentang Hardware Komputer. Setelah sebelumnya kita sudah mengulas tentang Pengertian Dan Sejarah Komputer Generasi Satu Hingga Generasi Lima. Pada artikel kali ini BILKONET akan coba mengulas mengenai perangkat keras (Hardware) pada komputer. Secara garis besar, hardware komputer dibagi ke dalam empat kategori yaitu : Process Devices, Input Devices, Output Devices dan Storage Devices . Ingin tahu lebih jauh tentang empat kategori hardware tersebut ? Silahkan simak artikel BILKONET berikut :


PROCESS DEVICES

1. Processor
Hardware Komputer - Processor 
     Processor (baca: prosesor) merupakan salah satu komponen utama pada komputer. Kalau dianalogikan dengan bagian tubuh manusia, bisa dibilang processor ini adalah otak nya. Processor terletak pada motherboard di dalam CPU komputer. Fungsi utama dari processor adalah untuk mengolah atau memproses data dari Input Devices dan menampilkan hasil data yang sudah di proses tadi ke Output Devices . Processor juga menentukan performa atau kecepatan suatu komputer tertenu. Cepat atau lambatnya suatu komputer dalam memproses data tergantung dari kecepatan processor komputer tersebut. Kecepatan processor ditulis dalam satuan Hz (Hertz) dengan tingkatan KiloHertz, MegaHertz dan yang tertinggi saat ini berada pada tingkatan GigaHertz. Saat ini terdapat dua produsen processor yang menguasai pasar yaitu Intel dan AMD, kedua perusahaan tersebut terus bersaing untuk membuat processor terbaik dengan kecepatan tinggi.Untuk saat ini, processor dari AMD dengan kecepatan tertinggi adalah AMD FX-9590 sedangkan kalau dari Intel adalah Intel Core i-7 6700K. 

2. Motherboard
Hardware Komputer - Motherboard
     Motherboard atau yang biasa juga disebut mobo adalah salah satu komponen komputer berupa papan PCB yang merupakan tempat untuk memasang komponen-komponen komputer lainnya . Di motherboard inilah Processor, RAM dan yang lainnya dipasang. Motherboard merupakan bagian yang sangat 'vital' bagi sebuah komputer, bahkan sebagian orang punya anggapan "kalau motherboard rusak, mending beli komputer/laptop baru saja", karena biasanya kerusakan pada motherboard akan memicu kerusakan pada komponen-komponen lainnya. Hal yang paling sering menyebabkan kerusakan pada motherboard itu sendiri adalah Overheat atau panas yang berlebih pada satu komponen tertentu di motherboard.

3. RAM (Random Access Memory)

     RAM (Random Access Memory) adalah komponen hardware komputer yang berfungsi untuk menyimpan data komputer yang sifatnya hanya sementara pada saat komputer hidup saja. Selain processor, RAM juga merupakan hardware komputer yang mempengaruhi kecepatan performa dari suatu komputer/laptop. Semakin tinggi kapasitas RAM , maka akan semakin cepat pula performa komputer tersebut. Namun tetap saja, processor merupakan faktor utama yang menentukan kecepatan komputer. Terdapat beberapa jenis RAM yang ada saat ini yaitu DRAM (Dynamic RAM), SRAM (Static RAM), EDORAM (Extended Data Out RAM), SDRAM (Synchronous Dynamic RAM), RDRAM (Rambus Dynamic RAM), NV-RAM (Non Volatile RAM) dan VGRAM (Video Graphic RAM).

4. ROM (Read Only Memory)
Hardware Komputer - ROM
      ROM (Read Only Memory) merupakan salah satu hardware memory komputer. Berbeda dengan RAM yang menyimpan data komputer hanya untuk sementara pada saat komputer menyala saja, ROM ini bersifat permanen artinya data yang disimpan di ROM tidak hilang ataupun berubah walaupun komputer dimatikan. Data yang disimpan di dalam ROM ini tidak bisa diubah, ditambah ataupun dikurangi karena data atau program yang ada pada ROM ini sudah diterapkan oleh pabrik pembuatnya.Data atau program yang ada pada ROM ini diperlukan pada saat komputer pertama kali dihidupkan saja, setelah komputer hidup, sebagian perintah yang ada pada ROM akan dipindahkan ke RAM. ROM pada komputer digunakan untuk menyimpan data BIOS (Basic Input Output System), inilah yang disebut ROM BIOS. BIOS sendiri merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu system operasi untuk 'memberi tahu' ke processor untuk dapat mengakses disk drive pada komputer tersebut . Pada saat komputer pertama kali dihidupkan, kondisi RAM masih kosong, maka perintah yang dipakai oleh processor adalah perintah yang terdapat pada ROM BIOS ini. Untuk kemudian di proses oleh processor, lalu setelah system operasi berjalan, data-data yang ada pada ROM tersebut dipindahkan ke dalam RAM.

5. VGA Card (Video Grapich Adapter Card)
Hardware Komputer - VGA Card

     VGA Card (Video Graphic Adapter Card) adalah hardware komputer yang melakukan tugas rendering atau pemrosesan output yang berupa visual untuk kemudian ditampilkan pada layar monitor komputer. VGA sangat erat kaitannya dengan visual atau grafis yang ditampilkan pada monitor.Pada beberapa jenis komputer yang tidak ada VGA Card nya ataupun komputer yang ada VGA Card dengan kualitas apa adanya, maka tampilan pada layar monitor pun akan menjadi kurang baik atau kurang menarik.  Fungsi dari VGA Card ini pun bisa dibilang "penting ga penting", tergantung untuk keperluan apa anda menggunakan komputer. VGA Card menjadi penting apabila anda menggunakan komputer untuk keperluan desain grafis atau untuk bermain game yang memerlukan tampilan grafis yang baik, namun untuk keperluan diluar itu, bisa dibilang VGA Card ini tidak terlalu penting . 

6. Sound Card
Hardware Komputer - Sound Card
     Sound Card adalah komponen hardware process devices yang bertanggung jawab dalam pengolahan audio komputer. Suara yang muncul dari speaker atau earphone yang kita gunakan di komputer/laptop adalah hasil olahan dari sound card ini. Apabila anda sudah memasang speaker atau headset untuk mendengarkan audio tertentu, namun suara dari audio tersebut tidak muncul, dan anda yakin kalau speaker atau headset tersebut tidak rusak, maka bisa dipastikan sound card pada komputer anda bermasalah . Ada 3 jenis sound card yaitu Sound Card On Board yang merupakan bawaan dari motherboard , Sound Card Off Board yang dipasang pada slot ISA atau PCI , dan juga Sound Card External yang dipasang melalui port USB.




INPUT DEVICES
  
1. Keyboard
Hardware Komputer - Keyboard
     Keyboard adalah alat masukan atau input devices komputer yang berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka maupun symbol-symbol tertentu ke dalam komputer serta sebagai alat untuk melakukan perintah ke suatu program di komputer seperti menyimpan file, membuka file, dsb.

2. Mouse
Hardware Komputer - Mouse
     Mouse adalah salah satu komponen komputer yang termasuk ke dalam input devices (alat masukan) yang fungsi utama nya untuk menggerakkan kursor (pointer) pada komputer. Selain fungsi utama nya tersebut, mouse juga memiliki fungsi sebagai alat yg digunakan oleh pengguna komputer untuk melakukan klik, double klik, klik kanan serta drag and drop. Roda scroll pada mouse juga bisa digunakan user untuk melihat atau navigasi suatu program dari bagian atas ke bagian bawah program tersebut atau sebaliknya dengan cepat.

3.  Joystick
Hardware Komputer - Joystick
    Joystick adalah komponen hardware komputer yang termasuk ke dalam input devices, yang biasa digunakan oleh pengguna komputer untuk bermain games, yang dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur suatu objek di dalam sebuah video game komputer.

4. Scanner
Hardware Komputer - Scanner 
     Scanner adalah salah satu hardware komputer lainnya yang fungsi nya hampir sama seperti mesin foto copy yaitu untuk 'membaca' tulisan atau gambar dari satu kertas dan memperbanyaknya. Namun berbeda dengan mesin foto copy yang hasil kerjanya langsung dimuat ke kertas lainnya (atau dengan kata lain memperbanyak) dan tidak bisa di-edit terlebih dahulu, hasil dari scanner ini ditampilkan ke layar komputer berupa file berbentuk .img atau .pdf sehingga kita bisa meng-edit nya telebih dahulu.

5. CD / DVD ROM

Hardware Komputer - CD / DVD ROM
CD / DV ROM merupakan singkatan dari Compact Disk / Digital Versatile Disk Read Only Memory. CD / DV ROM adalah hardware komputer yang berfungsi untuk membaca data dari sebuah CD / DVD . Bila kita mempunyai CD ataupun DVD film tertentu , kita dapat memutar film tersebut dengan cara memasukkan CD / DVD tersebut ke dalam CD / DVD ROM ini.

6. Microphone
Hardware Komputer - Microphone
     Microphone adalah salah satu hardware komputer tambahan yang tergolong ke dalam input devices yang berfungsi untuk memasukkan data berupa suara atau audio ke dalam komputer. Microphone biasanya dihubungkan ke komputer melalui soundcard, namun ada juga beberapa jenis microphone komputer yang dihubungkan melalui port USB. Umumnya, microphone digunakan pada komputer apabila pengguna tersebut ingin merekam suara atau bahkan bermain games yang sifatnya multiplayer games.

7. Webcam

      Webcam adalah sebutan untuk kamera yang dipasang pada sebuah komputer/ laptop. Fungsi nya sama seperti kamera pada umumnya atau kamera pada handphone  yaitu untuk mengambil gambar maupun video, dan juga untuk video call.



OUTPUT DEVICES

1. Monitor
Hardware Komputer - Monitor
     Monitor adalah salah satu komponen hardware yang sifatnya 'harus ada' pada komputer. Monitor itu sendiri adalah hardware yang digunakan untuk menampilkan secara visual data-data yang sudah diolah oleh komponen-komponen hardware lainnya yang ada di CPU. Bentuk nya sama seperti televisi, bahkan televisi juga bisa dijadikan sebagai monitor komputer apabila televisi tersebut ada port VGA atau HDMI nya, dengan cara menghubungkan port VGA tersebut menggunakan kabel VGA ke port VGA yang ada di komputer.
2. Printer

Hardware Komputer - Printer
     Printer adalah hardware komputer yang berfungsi untuk mencetak dokumen, baik berupa teks maupun gambar pada komputer yang hasil cetakan tersebut ditampilkan ke dalam media kertas. Printer merupakan hardware yang sifatnya 'tambahan' pada komputer, karena tanpa ada printer pun komputer tetap bisa beroperasi, hanya saja komputer tidak bisa mencetak dokumen-dokumen tertentu tanpa adanya printer. Printer biasanya dihubungkan ke komputer melalui port USB, namun sekarang ini juga ada Printer yang menggunakan Wireless sebagai media penghubung nya.

3. Speaker

Hardware Komputer - Speaker
     Speaker adalah hardware komputer yang tergolong ke dalam output devices yang berfungsi untuk mengeluarkan audio atau suara yang sudah di olah oleh sound card. Speaker akan mengeluarkan suara yang berasal dari software media pada komputer maupun dari halaman website tertentu. 

4. Headphone
Hardware Komputer - Headphone
    Headphone adalah hardware komputer yang fungsinya sama dengan speaker, hanya saja headphone ini sifatnya lebih 'private' karena yang bisa mendengarkan suara nya hanya satu orang atau hanya penggunanya saja sedangkan kalau speaker tentu saja semua orang dapat mendengarkan suara nya. Headphone dengan headset itu berbeda, kalau headset itu hanya untuk mendengarkan audio saja, tanpa ada microphone nya. Kalau headset yaitu headphone yang ada microphone nya . Jadi mulai sekarang, jangan tertukar lagi ya dalam menyebutkan yang mana headphone, yang mana headset.



STORAGE DEVICES

1. Hard Disk

     Hard Disk adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan semua data atau file dari program-program yang ada di komputer. Banyak nya data atau file yang dapat disimpan di dalam hard disk ini tergantung dari kapasitas dari hard disk itu sendiri, dari mulai ratusan giga hingga sekian tera . Di dalam hard disk pula lah semua file dari system operasi disimpan, jadi kalau hard disk kita rusak, bisa dipastikan komputer kita tidak akan bisa beroperasi. Saat ini terdapat dua jenis hard disk yaitu hard disk internal dan hard disk external. Hard disk internal yaitu hard disk yang letaknya ada di dalam CPU (tidak fleksibel) sedangkan hard disk external adalah hard disk yang dipasang ke komputer melalui port USB sehingga lebih fleksibel, namun hard disk external tidak bisa dijadikan tempat untuk menginstall aplikasi, hanya untuk data-data file atau dokumen saja.

2. Flash Disk
     Flash Disk adalah komponen yang fungsi nya sama dengan hard disk external yaitu untuk menyimpan data yang berupa file atau dokumen saja, namun dengan kapasitas yang lebih kecil dibanding hard disk external. Sama juga seperti hard disk external, flash disk terhubung ke komputer melalui port USB.



Itulah ulasan BILKONET mengenai Hardware Komputer yang sudah di klasifikasikan ke dalam 4 kategori yaitu Process Devices, Input Devices, Output Devices dan Storage Devices. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya untuk saya sendiri, syukur-syukur kalau bisa bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Mohon dimaafkan apabila terdapat kesalahan dalam informasi yang diberikan ataupun susunan kata yang saya pakai. Untuk itu saya meminta kritik dan sarannya, agar kedepannya kesalahan-kesalahan bisa diminimalisir.
Terima Kasih - BILKONET
Previous
Next Post »
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :